Rabu, 31 Oktober 2012

LANGKAH-LANGKAH MENJADI SEORANG PENGUSAHA


Entrepreneur atau pelaku wirausaha sendiri pada dasarnya bisa dimaknai sebagai individu yang mencari nafkah kehidupan dengan membangun suatu usaha/bisnis secara mandiri. Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan menjadi seorang entreprenur. Mungkin yang pertama karena ingin mendapatkan kebebasan finansial (financial freedom). Sebab jika sukses, pilihan menjadi pelaku bisnis mandiri sangat menjanjikan potensi income yang akan diperoleh. Alasan lainnya mungkin karena tidak kerasan untuk menjadi pekerja kantoran yang penuh dengan birokrasi, dan mungkin juga iklim kerja yang tak produktif serta atasan yang tidak inspiratif. Apa lagi yang lebih bikin tidak nyaman adalah adanya perintah ini itu dari seorang bos yang tidak inspiring. Itulah mengapa kini kian banyak orang makin berminat menjadi entreprenur. Dalam konteks ini, ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan seorang entrepreneur. Namun setidaknya terdapat tiga elemen kunci yang bisa dicatat dalam kaitannya dengan proses merajut diri menjadi pengusaha sukses antara lain:
a.   Elemen yang pertama adalah adanya pengetahuan dan visi yang cukup jelas mengenai usaha yang akan kita tekuni. Kalau kita ingin membuka usaha dalam rumah makan Padang misalnya, maka mestinya kita cukup memiliki pemahaman yang cukup mendalam baik dalam aspek produksi ataupun potensi pasar dari usaha tersebut. Tanpa ditopang oleh pemahaman dan informasi yang cukup memadai mengenai bidang usaha yang akan kita tekuni, kita bisa dengan mudah terpeleset dan gagal merajut kisah keberhasilan sebagai seorang pengusaha. Lalu dari mana kita mesti menggali ketrampilan dan keahlian untuk menekuni usaha yang ingin kita jalankan. Tentu kita bisa menggalinya melalui pengalaman dan pembelajarn kita dari beragam sumber: bisa dari berbagai kisah buku-buku, tukar menukar pengetahuan dengan orang yang sudah sukses, ataupun dari pengalaman riil kita. Kalau kita tidak yakin dengan semua sumber informasi ini, jangan patah arang. Sebab sekarang-sekarang ini marak peluang waralaba (atau franchise). Peluang waralaba ini bisa menjadi alternatif yang menarik jika kita memang sama sekali tidak memiliki pengetahuan yang solid mengenai bidang bisnis yang ingin kita tekuni.
b. Elemen kunci kedua yang akan menentukan keberhasilan kita sebagai entrepreneur atau pengusaha sukses adalah adanya keberanian mengambil resiko (taking risk). Berbeda dengan lingkungan pekerja kantoran dimana kita pasti akan menerima gaji tetap tiap bulan, maka menekuni usaha mandiri memang beresiko. Namun tentu ancama akan resiko ini jangan sampai membuat kita gamang, ragu dan akhirnya tidak pernah bertindak untuk mencoba menjadi pelaku bisnis mandiri. Sebab akan lebih baik mencoba dan gagal, daripada tidak pernah mau mencoba sama sekali. “So, just do it now”.
c.  Elemen terakhir yang juga amat penting adalah ini: kalau anda sudah memutuskan dan mengambil tindakan riil untuk menjadi entrepreneur, maka jalanilah keputusan itu dengan konsisten: dengan kegigihan, dengan keuletan dan dengan ketekunan. Kita tahu, banyak orang yang mengalami kisah kegagalan bukan karena mereka bodoh atau tak punya bakat. Akan tetapi mereka gagal karena menyerah di tengah jalan. Quit (berhenti) dan tak mau meneruskan lagi upayanya dengan gigih. Jadi kata kuncinya adalah: teruslah menjalani usaha anda dengan tekun dan ulet sehingga anda mencapai titik keberhasilan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar