Senin, 12 November 2012

SEMANGAT HIDUP SEORANG NENEK PENJUAL NASI GORENG


Kemarin malem, saking asyiknya bermain game di depan laptop aku sampek ga terasa kalau ini udah dini hari, pantesan kepalaku udah mulai pusing dan badan mulai lemes juga. Cacing-cacing di perutku pada demo minta sumbangan. Nah ini artinya aku harus segera memenuhi permintaan cacing-cacing ini, aku nyari makanan sesuai isi kantong maklumlah aku anak kosan, waktu itu sekitar jam 00.50. Karena udah bosen ngangkring depan kosan, alhasil nasi goreng jadi pilihan buat diemin si cacing ini. Tempat yang aku datengin agak jauh dari kosanku, kalo jalan sampe kaki bengkak kali (lebay-nya aku).
Tiba di warung tempat penjual nasi goreng itu, aku kaget karena yang jualan seorang nenek, bayangkan! Beliau cuman sendirian. Tapi karena udah gak tahan lapernya, langsung aja aku pesen nasi gorengnya. Niat awal mau di bungkus makan di kosan, setelah baca dzikir sebanyak 100x (lebeh lagi) akhrinya ter mufakat keputusan buat makan disitu sekalian nemenin nenek penjual nasi goreng yang kebetulan lagi gak ada pembeli kecuali aku. Sambil menunggu nasi gorengku jadi, aku mengamati nenek itu. Kelihatan banget kalo tangannya gemetar waktu ngeracik bumbu, ngangkat piring, nyuci wajan dan lain-lain. Terharu aku ngeliatnya, di saat-saat yang seperti itu jiwa kepahlawananku muncul, maklumlah aku orangnya kan sok tau dan sok bisa gitu.
AAG      : Boleh saya bantu nek?
NPNG   : ndak usah dek, duduk aja
AAG      : Nggak papa nek sini saya bantu (bantu ngerecokin)
NPNG   : Sudah hampir selesai dek
AAG      : oh ya sudah. Buka sampe jam berapa ini nek?
NPNG   : tergantung habisnya jam berapa dek. Biasanya jam 2 atau 3, kalau jam 3 belum habis juga ya saya pulang
AAG      : Nenek sendirian?
NPNG   : iya dek
AAG      : emangnya nenek ga punya anak?
NPNG   : punya dek tapi ikut suami keduanya dan aku tinggal bareng seorang cucu yang masih kecil umur 7 tahun dan suami aku sudah meninggal 6 tahun yang lalu
AAG      : nenek sudah berapa lama jualan nasi goreng?
NPNG   : sudah 15 tahun nenek jualan nasi goreng, maklumlah dek ga ada lagi yang ngebantuin nenek dan nenek harus menghidupi cucu lagi karena di tinggal ibunya                   
Keterangan:  AAG   = Aku Anak Gaul Gituh (maksa dikit sih)
                    NPNG = Nenek Penjual Nasi Goreng
Nggak enak ati juga nanya banyak-banyak. Takutnya dikira ndak sopan atau mengganggu privasi orang, soalnya si nenek juga kayaknya udah gak betah banget pengen nyudahin pas aku tanya-tanya (emm, sepertinya beliau tau kalo ngobrol lama-lama sama aku ujung-ujungnya bakal merugikan). Tapi dari sedikit percakapan itu, bahkan sebelum percakapn itu ada, aku udah ngerasa iba banget sama perjuangan nenek itu. Bayangkan aja, buka sejak malem (perkiraan mungkin jam 8) sampe pagi (jam 3 maksimal). Seorang nenek dengan usia sekitar 70 tahunan. Megang benda-benda kecil udah gemetar tapi beliau masih semangat buat nyiapin pesenan pelanggan. Senyumnya juga masih mengambang meskipun dingin menyelimutinya. Sedih, salut, penasaran, dan terharu. Yang bikin sedih dan terharu tentunya karena usia nenek yang lebih layak untuk tinggal di rumah, menonton TV, atau beristirahat. Sempet ngobrol lagi katanya kalau pulang beliau mesti ngojek. Haaaa? bener-bener nggak habis pikir, begitu besar perjuangan dan pengorbanan nenek ini, salut empat jempol dah. Perjuangan beliau untuk mencari nafkah benar-benar luar biasa. Rasanya jadi malu sama diriku sendiri, aku yang masih muda kok semangatnya malah kadang kembang-kempis kayak asma, (Tapi dengan sedikit pengalaman kemarin malem, moga aku jadi lebih baik). Buat Nenek, terimakasih telah memberi aku pelajaran ini dan semoga nenek selalu dalam lindungan-Nya. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar